Minggu, 30 Oktober 2016

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur




Universitas terbaik yang ada di Indonesia didominasi dari pulau jawa. Untuk wilayah Indonesia bagian timur cenderung tertinggal dan jauh dari peringkat dunia. Dan akhirnya banyak lulusan SMA/SMK/sederajat dari Indonesia Timur yang merantau ke pulau jawa untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Akan tetapi, walaupun Universitas di Indonesia Timur tertinggal namun ada beberapa Universitas yang berkualitas baik dan tercantum dalam Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur.
daftar-universitas-terbaik-di-indonesia

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur 2017

Universitas yang terindeks dalam Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur mampu bersaing dengan Universitas yang ada di pulau jawa. Selain itu fasilitas yang diberikan serta mutu pendidikan tidak diragukan lagi kualitasnya. Berikut adalah Daftar Universitas Terbaik yang ada di Indonesia bagian Timur tahun 2017 :
1.      Universitas Hasanudin
Universitas Hasanuddin yang biasa disingkat dengan UNHAS, yaitu perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri sejak tahun 11 Juni 1956. Universitas Hasanudin memiliki rangking 17 universitas terbaik di Indonesia sedangkan ditingkat dunia memperoleh peringkat 2558.
2.      Universitas Sam Ratulangi
Universitas Sam Ratulangi sering disingkat dengan sebutan UNSRAT adalah Perguruan Tinggi negeri di Indonesia yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Di Indonesia Universitas Sam Ratulangi ada di peringkat ke 59 sedangkan pada peringkat dunia menduduki posisi 4859.
3.      Universitas Negeri Gorontalo
Universitas Negeri Gorontalo yang biasa di singkat UNG yaitu perguruan tinggi negeri di Gorontalo yang didirikan pada tahun 1 September 1963. Universitas Negeri Gorontalo memiliki peringkat 64 untuk rangking Indonesia dan dunia diperingkat 1558.
4.      Universitas Negeri Makasar
Universitas Negeri Makassar yang sering di disingkat dengan UNM merupakan perguruan tinggi negeri yang berada Makassar dan didirikan pada 1 Agustus 1961. Universitas Negeri Makasar mendapat peringkat 64 sedangkan untuk rangking dunia 5322
5.      Universitas Tadulako Palu
Universitas Tadulako berdiri pada tanggal 14 Agustus 1981.  Rektor yang saat ini menjabat di periode pertama tahun 2011–2014 dan periode kedua tahun 2014–2019 yaitu Prof. Dr. Ir. Muh.Basir Cyio, SE, MS. Peringkat yang diraih untuk Universitas Tadukalo adalah 65 sedangkan untuk dunia di peringkat 5363
6.      Universitas Nusa Cendana Kupang
Universitas ini merupakan universitas negeri pertama yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berdiri pada tanggal 1 September 1962. Universitas Nusa Cendana menduduki peringkat ke 67 universitas terbaik di Indonesia untuk rangking dunia 5538
7.      Universitas Mataram
Universitas Mataram berdiri pada 1 Oktober 1962. Awalnya kampus Universitas Mataram terletak di Jalan Pendidikan No.36 Mataram. Namun seiring dengan berkembangnya kampus UNRAM, sekarang kampus baru terletak di Jalan Majapahit Mataram. Universitas Mataram menduduki rangking ke 91 universitas terbaik di Indonesia untuk rangking dunia 7710
8.      Universitas Patimura
Universitas Patimura  ini beralamat di Jl. Ir. M. Putuhena, Poka-Ambon, dan sekarang mempunyai 8 Fakultas, yaitu: Fakultas Keguruan, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian. Universitas Patimura menduduki peringkat ke 144 universitas terbaik di Indonesia dan peringkat dunia 11611.
9.      Universitas Negeri Papua
Universitas Papua berkembang dari Fakultas Pertanian di Universitas Cenderawasih yang perkembangannya melalui 4 periode, yaitu tahun 1964-1982 periode FPPK UNCEN,  tahun 1982-2000 FAPERTA UNCEN, tahun 2000-2014 Universitas Negeri Papua, yang pada akhirnya tahun 2014 – sekarang Universitas Papua. Saat ini Universitas ini menduduki peringkat 202 di Indonesia dan mandapat peringkat dunia 14859.
10.  Universitas Cendrawasih
Universitas Cenderawasih merupakan perguruan tinggi negeri yang bertempat di Jayapura, Indonesia, yang berdiri pada 10 November 1962. Universitas cendrawasih menduduki peringkat 299 Untuk Indonesia dan dunia rangking 19821

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur Berpredikat

Selain fasilitas yang baik dengan kualitas yang baik pula Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur tersebut memiliki predikat yang bagus dan mendapatkan peringkat yang terbaik dari yang baik, serta masuk dalam pertimbangan kampus dengan mutu pendidikan yang baik pula.
Dengan terindeksnya Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Timur, memberikan pilihan kepada lulusan SMA/SMK/sederajat di Indonesia bagian timur untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan tidak perlu merantau ke pulau jawa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon